Telapak kaki sakit apakah gejala asam urat

Asam Urat – gejala, diagnosis, pengobatan asam urat

 

 

Pengobatan Asam Urat – Asam urat adalah bentuk radang sendi yang umum yang dapat mempengaruhi sendi jari kaki, kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan dan siku. Gejalanya meliputi rasa sakit, bengkak dan kemerahan pada sendi yang terkena.

Pengobatan asam urat akut dirancang untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan, terutama melalui pengobatan asam urat. Diet dan perubahan gaya hidup lainnya dapat membantu mencegah serangan di masa depan.

Informasi Umum

Asam urat adalah suatu bentuk artritis (radang sendi) yang dapat menyebabkan serangan nyeri sendi yang tiba-tiba dan parah. Tempat yang paling umum untuk pengembangan asam urat adalah bola jempol kaki, tetapi sendi lainnya mungkin terpengaruh. Asam urat biasanya mempengaruhi lebih dari satu atau dua sendi sekaligus.

Tanpa perawatan dan pengobatan asam urat dapat memakan waktu hingga satu minggu hingga gejala serangan menghilang. Pada awalnya, periode waktu antara serangan bisa beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun, serangan dari waktu ke waktu cenderung terjadi lebih sering dan menjadi lebih parah.

Jika tidak diobati dari waktu ke waktu, asam urat dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan ginjal dan, bersama dengan faktor risiko lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal. Pengobatan Asam Urat.

Penyebab

Asam urat disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah. Asam urat terjadi secara alami di dalam tubuh. Biasanya tetap larut dalam darah dan diekskresikan oleh ginjal sebagai komponen urin.

Namun, akumulasi asam urat dalam darah dapat menyebabkan kristal asam urat terbentuk dan mengendap di persendian, menyebabkan asam urat.

Beberapa faktor risiko terkait dengan pengembangan asam urat. Ini termasuk:

  • Kegemukan
  • Konsumsi alkohol yang tinggi
  • Predisposisi genetik
  • Konsumsi tinggi makanan yang kaya purin (mis., Beberapa makanan laut dan daging)
  • Obat-obatan tertentu, misalnya: diuretik (tablet cair)
  • Cidera Sendi
  • Penyakit ginjal jangka panjang

Tingginya kadar asam urat lebih mungkin disebabkan oleh tubuh yang tidak menghilangkan asam urat dengan benar (karena obesitas, ginjal atau masalah genetik) daripada oleh apa yang dimakan dan diminum seseorang.

Kadang-kadang tidak ada penyebab yang jelas untuk serangan asam urat.

Tanda dan gejala

Asam urat berkembang dengan cepat, seringkali dalam waktu 12 hingga 24 jam, dan cenderung datang dan pergi. Tanda dan gejala serangan asam urat meliputi:

  • Nyeri hebat dan nyeri tekan di persendian yang sakit.
  • Pembengkakan sendi yang terkena.
  • Kulit di atas sendi mungkin terasa panas dan kencang dan mungkin terlihat cerah dan merah
  • Rentang gerak terbatas pada sendi yang terkena.

Beberapa orang mungkin juga mengalami mual, kehilangan nafsu makan dan demam ringan.

Diagnosa

Asam urat bisa sulit didiagnosis karena gejalanya dapat meniru gejala kondisi lain, seperti infeksi sendi.

Sampel darah dapat diambil untuk memeriksa kelainan pada kadar darah normal dan peningkatan kadar asam urat. Namun, hasil tes ini mungkin tidak selalu berguna, karena mereka sering menunjukkan kadar asam urat normal selama serangan asam urat. Ini kemungkinan karena kelebihan asam urat telah dikeluarkan dari darah dan telah menetap sebagai kristal di persendian. Pengobatan Asam Urat.

Untuk membuat diagnosis asam urat yang pasti, dokter dapat mengambil sampel cairan dari sendi yang terkena. Ini dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal dan melibatkan memasukkan jarum yang dimasukkan ke dalam sendi yang terkena dan mengeluarkan sedikit cairan. Kemudian, cairan dikirim ke laboratorium di mana keberadaan kristal asam urat dianalisis. Jika ada, asam urat dikonfirmasi. Sinar-X dari daerah yang terkena juga dapat diambil untuk memeriksa kerusakan sendi. Pengobatan Asam Urat.

Baca juga:

 

Perawatan, pencegahan dan pengobatan asam urat

Perawatan medis bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan radang serangan akut dan mencegah timbulnya serangan di masa depan. Perubahan pola makan dan gaya hidup juga membantu mencegah serangan gout di masa depan. Pengobatan Asam Urat.

Pengobatan asam urat dan serangan akut:

Semakin cepat pengobatan yang efektif dimulai, semakin cepat serangan dapat dikontrol. Berbagai jenis obat yang digunakan termasuk:

  • Obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit, terutama obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen. Diambil pada awal serangan, mereka dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan serangan. Parasetamol, yang diminum bersama dengan obat lain, juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Aspirin harus dihindari karena dapat mengurangi jumlah asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh.
  • Colchicine: Obat ini membantu memblokir produksi asam urat. Ini lebih efektif ketika diambil di awal serangan. Namun, itu dapat memiliki efek samping seperti diare jika Anda minum terlalu banyak. Instruksi dosis harus diikuti dengan hati-hati.
  • Kortikosteroid, seperti prednison, dapat diberikan dalam bentuk tablet untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Suntikan kortikosteroid langsung ke sendi juga bisa efektif.

Dianjurkan untuk minum cairan tambahan (lebih disukai air) saat mengambil obat-obatan ini. Sendi yang terkena juga harus diistirahatkan dan diangkat. Pengobatan Asam Urat,

Pencegahan serangan di masa depan:

Mencegah serangan gout sama pentingnya dengan mengobati gejala serangan akut. Cara-cara di mana gout dapat dicegah termasuk penggunaan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Pengobatan Asam Urat.

Obat: Obat utama untuk penderita asam urat adalah allopurinol, yang berfungsi mengurangi produksi asam urat. Orang yang tidak dapat menggunakan allopurinol karena efek samping atau alasan lain dapat menerima obat alternatif yang mengurangi produksi asam urat atau meningkatkan ekskresi asam urat oleh ginjal.

Pada tahap awal pengobatan dengan obat-obatan untuk mencegah encok, serangan dapat terjadi lebih sering dan mungkin lebih parah. Karena alasan ini, dosis obat mungkin rendah untuk memulai dan kemudian secara bertahap meningkat. Obat-obatan ini hanya boleh dihentikan atas saran dokter, karena menangguhkan dan memulainya juga dapat menyebabkan serangan asam urat. Pengobatan Asam Urat.

Modifikasi dalam diet: perubahan dalam diet ditujukan untuk membatasi atau menghindari makanan yang kaya akan purin. Purin adalah zat yang ditemukan dalam beberapa makanan dan menghasilkan asam urat ketika tubuh memecahnya. Makanan kaya purin meliputi:

  • Makanan laut (pipis, paua, tiram, kerang) dan telur ikan
  • Jeroan (otak, hati, ginjal, jagung)
  • Daging merah (sapi, babi / bacon, domba)
  • Ekstrak Ragi (Marmite, Vegemite)
  • Makanan yang mengandung ragi (roti, bir)
  • Ikan biru (sarden, herring dan ikan teri).

Membatasi konsumsi alkohol juga penting. Alkohol menyebabkan tubuh kehilangan cairan (dengan meningkatkan produksi urin dan mengambil air dari darah), yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Bir kaya akan purin, jadi harus dihindari.

Dianjurkan untuk minum banyak cairan non-alkohol, terutama air (delapan hingga 10 gelas sehari). Ini akan membantu menghilangkan kristal asam urat dari tubuh. Minuman bersoda, jus buah, dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar asam urat.

Pertahankan berat badan yang sehat: ini akan membantu mengurangi stres pada persendian yang terkena dan mengurangi kemungkinan mengembangkan asam urat.